Simak Tips Mudah Merakit Power Bank dengan Kapasitas Besar

Merakit Power Bank

Power bank menjadi salah satu aksesoris smartphone yang cukup penting. Apalagi saat ini, penggunaan smartphone untuk berbagai hal sehingga menyebabkan baterai mudah habis. Power bank dengan kapasitas yang lebih besar seringkali diincar, karena bisa digunakan untuk mengisi daya berkali kali. Selain membeli di galery smartphone, kamu juga bisa merakitnya sendiri. Berikut ini cara membuat power bank dengan kapasitas yang besar.

Cara Membuat power Bank dengan Kapasitas yang Besar

1. Menyiapkan Bahan Bahan yang Digunakan untuk Power Bank

Langkah pertama untuk merakit power bank ini, kamu harus menyiapkan bahan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Diantaranya yaitu 4 buah baterai nimh dalam kondisi baru, pcb bekas dengan ukuran 2 x 4 cm, port charger nokia versi lama (kamu bisa menggunakan nokia 3230). Selain itu, kamu juga membutuhkan port USB female serta kabel merah dan kabel hitam yang akan digunakan untuk menghubungkan baterai ke charger nokia dan port USB female.

2. Menyiapkan Alat Alat yang Dibutuhkan

Selain menyiapkan bahan bahan yang dibutuhkan, kamu juga perlu menyiapkan alat alat yang digunakan untuk merakit power bank. Adapun alat alat yang dibutuhkan diantaranya solder, timah, gunting untuk memotong kabel, amplas halus untuk membersihkan kutub baterai, lem tembak sebagai perekat. Selanjutnya setelah alat alat ini sudah terkumpul, maka kamu bisa melakukan langkah selanjutnya.

3. Cara Merakit Power Bank

Pertama tama, ambil baterai kemudian bersihkan bagian kutubnya dengan amplas. Sebelum memakai baterai ini, kamu bisa menchargernya terlebih dahulu. Selanjutnya hubungan 4 baterai secara seri, kemudian solder kabel merah pada bagian kutub positif, dan kabel hitam pada bagian kutub negatif. Selanjutnya susun menjadi bentuk persegi, lalu solder pada pcb. Kemudian hubungkan kabel dengan USB female dan port charger nokia.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa penempatan untuk jalur positif dan negatif sudah sesuai. Setelah itu, susun dengan sesuai dan taruh port charger nokia di sela sela keempat baterai yang sudah disusun secara seri. Selanjutnya apitkan pcb diantara 4 baterai tersebut. Agar port dan pcb bisa merekat dengan baterai, maka kamu bisa menggunakan glue gun. Selanjutnya lapisi dengan stiker akar terlihat lebih rapi.

4. Menambah Kapasitas Baterai

Setelah menyusun baterai tersebut sehingga menjadi power bank, namun kamu masih ingin menambahkan kapasitas. Maka hal ini bisa dilakukan dengan cara menambahkan rangkaian baterai secara paralel. Jadi seandainya kapasitas 1 baterai sebesar 1200 mAh, maka untuk membuat powerbank dengan kapasitas 4800 mAh, dibutuhkan 4 buah baterai. Namun, jika menginginkan kapasitas powerbank 17600 mAh, maka dibutuhkan 8 baterai dengan kapasitas 2200 mAh.

5. Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merakit Power Bank

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merakit power bank agar nantinya bisa digunakan. Diantaranya memastikan jika rangkaian polaritas tidak terbalik. Selain itu, pastikan juga bahwa kabel yang digunakan untuk menghubungkan baterai dengan port charger nokia maupun USB female sesuai. Dimana kabel berwarna merah untuk positif, sedangkan kabel hitam untuk negatif.

Jika dibandingkan dengan membeli power bank yang baru, maka merakit power bank dinilai lebih murah. Namun, untuk melakukannya kamu harus sudah mengerti tentang pemasangan kabel dan perangkaian baterai. Untuk mempermudah perakitan, kamu juga bisa meminta bantuan teman yang memang sudah ahli di bidangnya. Selain cara di atas, kamu juga bisa membuat power bank dengan kapasitas yang besar menggunakan module.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *